Home » , » 10 Patokan Dikmas

10 Patokan Dikmas

logo-Tut-Wuri-Handayani
  1. Warga Belajar
    Warga belajar adalah warga masyarakat yang membutuhkan dan menginginkan untuk belajar.Warga belajar di KB KHADIJAH PANDEGILING SURABAYA terdiri dari Bunda (sebutan untuk guru) sebanyak 4 orang dan muridnya sebanyak 22 orang.Mayoritas bunda dan murid – muridnya berasal di lingkungan sekitar yaitu didaerah Pandegiling Surabaya.

  2. Ragi Belajar / Motivasi Belajar
    Ragi Belajar ini bertujuan untuk memotivasi para murid yang merasa kurang percaya diri dalam proses pembelajaran agar murid dapat termotivasi dan bersemangat didalam proses pembelajaran. Didalam KB Khadijah, didalam proses pembelajaranya anak – anak diberikan pembelajaran melalui permainan, jadi anak – anak tidak merasa bahwa dirinya sedang belajar. Disamping itu para bunda memberikan pendekatan secara pribadi kepada anak – anak yang mempunyai masalah dalam proses pembelajarannya.

  3. Sumber Belajar
    Sumber belajar adalah warga belajar yang memiliki pendidikan yang cukup untuk mengabdikan dirinya membantu pelaksanaan kegiatan pendidikan masyarakat di kelompok belajar.Sumber belajar di KB Khadijah Pandegiling, yaitu Bunda (Guru) sebanyak 4 orang.

  4. Paguyuban Kegiatan
    Paguyuban Kegiatan adalah para warga belajar yang menghimpun kelompok dalam kegiatan.Di dalam KB Khadijah, para bunda mengadakan perkumpulan istighosah setiap satu semester sekali.

  5. Pamong Belajar
    Pamong Belajar adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang  dan  hak   secara  penuh  oleh  pejabat  yang  berwenang  untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar dalam rangka pengembangan model dan  pembuatan percontohan serta penilaian dalam rangka pengendalian mutu dan dampak  pelaksanaan program pendidikan luar sekolah. Pamong Belajar di KB Khadijah adalah guru (bunda) yang berjumlah 4 orang .

  6. Tempat Belajar
    Tempat Belajar adalah tempat untuk melakukan proses pembelajaran. Proses pembelajaran di KB Khadijah berlangsung di dua tempat yaitu input dan output. Proses pembelajaran secara input dilakukan di dalam ruangan atau kelas dan proses pembelajaran secara output dilakukan diluar kelas atau di halaman sekolah yang meliputi aktivitas motorik kasar. Tempat belajarnya sangat nyaman dan aman bagi anak – anak.

  7. Sarana Belajar
    Sarana Belajar adalah alat atau bahan yang digunakan dalam proses pembelajaran. Sarana belajar di KB Khadijah meliputi  :
    Sentra BalokSentra dimana anak – anak mengembangkan daya kreatifitasnya melalui permainan. Didalam proses pembelajaran anak – anak dibiarkan bermain sesuai keinginannya dan para guru hanya mendampingi dan mengarahkan anak – anak.Sentra MusikSentra music adalah sentra dimana anak – anak menuangkan gagasannya melalui gerakan dan laguserta memperluas pengetahuan anak melalui irama.Sentra Bermain PeranSentar dimana anak – anak di beri kesempatan untuk memainkan peran sesuai dengan keinginannya serta mengembangkan daya khayalan mereka.Sentra ImtaqDi dalam sentra imtaq anak – anak diajarkan akan pengetahuan agama dan moral.Sentra Bahan AlamSentra dimana anak – anak mengembangkan sensorimotorik dan pengelolahan akan bahan limbah

  8. Dana Belajar
    Sumber dana belajar yaitu :v SPP yang dikenakan biaya 270.000/anak
    v Pada tahun 2009 mendapat sumbangan dari pemerintah sebesar 150 juta

  9. Program Kegiatan Belajar
    Menggunakan kurikulum berciri khas yang merupakan perpaduan antara Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, Kurikulum Yayasan Khadijah. Menggunakan Metode Pembelajaran BCCT (pembelajaran yang berpusat dalam kelas-kelas sentra dengan moving class).Menggali dan mengoptimalkan potensi kecerdasan jamak (Multiple Intelegence) pada anak.
    KURIKULUM :
    Kurikulum disusun disesuaikan dengan 9 potensi kecerdasan anak :
    Cerdas Diri
    Cerdas SosialCerdas AlamCerdas KataCerdas AngkaCerdas MusikCerdas Olah TubuhCerdas SpatialCerdas Spiritual
    KURIKULUM KHUSUS :
    Kurikulum yang dibuat meruakan ciri khas sekolah Khadijah Yaitu Kurikulum Agama yang meliputi Aqidah, Akhlak dan Ibadah
    Ekstra Kurikuler
    Seni Tari, Lukis, Komputer, Bahasa Inggris, Renang dan Drum Band

  10. Hasil Belajar
    Hasil belajar diharapkan dapat mengembangkan daya kreatifitas pada anak. Selain itu juga para murid – murid mempunyai prestasi tersendiri yaitu :Juara I,III,        : Lomba Baca Puisi Tingkat Jawa Timur   Harapan I
    Juara Umum  “Festival Anak Islam”
    Nominasi Lomba Menggambar dan mewarnai Kedutaan Besar Rusia
    Juara I,II    : Lomba Fashion Busana Muslim
    Juara II    : Lomba Baca Puisi Kelompok Kec.Tegalsari
    Juara II    : English Kids
    Juara III    : Lomba Mewarnai Tingkat Kecamatan
    Juara III    : Lomba Menggambar dan Mencocok
    Tingkat Kecamatan dan Kota
    Juara I        : Lomba Fashion Busana Muslim Tropy Walikota
    Juara I        : Lomba Drum band tingkat kota Surabaya
    Juara II    : karnaval dalam rangka hari pahlawan

0 komentar:

Post a Comment