Home » » Cara Atasi Gangguan Asam Lambung

Cara Atasi Gangguan Asam Lambung

sakit-perutTanya:
Selamat sore, Dokter. Saya mempunyai masalah lambung yang gejalanya mirip kondisi GERD, seperti nyeri pada ulu hati hingga tenggorokan. Saya juga mengalami batuk tanpa sebab dan produksi gas berlebih dalam perut hingga saya mudah sekali bersendawa setelah makan.

Pada malam hari, saya dapat merasakan produksi air liur saya menjadi berlebihan, sehingga sering saya muntahkan, bahkan keluar sendiri melalui hidung. Hal ini benar-benar mengganggu istirahat saya di malam hari, Dok. Apa yang harus saya lakukan, Dok? Terima kasih, Dok.

Jawab:
Salam kenal Leonardo,

Untuk memastikan apakah yang Anda alami memang merupakan GERD atau bukan, coba perhatikan apakah timbul rasa mulas dan heartburn. Kadang, Anda tidak bisa begitu saja mengobservasi sendiri apakah hal ini Anda alami atau tidak. Jadi, untuk membantu Anda mengonfirmasi kondisi ini, periksakan diri ke dokter.

Dokter biasanya akan memberikan obat-obatan yang bersifat menekan produksi asam lambung. Jika heartburn berkurang setelahnya, maka kondisi yang Anda alami kemungkinan memang benar GERD.

Anda juga dapat menetralkan sendiri asam lambung berlebih dengan terlebih dulu meminum antasid. Jika antasid tidak berfungsi, Anda dapat beralih ke obat-obatan golongan H2-receptor blocker atau golongan proton pump inhibitor.

Jika semua jenis pengobatan tidak efektif, biasanya opsi operasi akan muncul dalam diskusi dengan dokter dengan tujuan memperkuat dan mencegah refluks asam lambung ke saluran esophagus.

Sempatkan diri untuk periksa ke dokter spesialis penyakit dalam demi mengetahui kondisi yang sebenarnya dan penanganan yang tepat. Terima kasih, semoga membantu.

dr. Jesslyn Valentina Jonathan yang berpraktik di Jakarta

0 komentar:

Post a Comment